karbu

Karburator balap,drag dan tourinG

 

Bagaimana memilih karburator yang sesuai…? Dengan banyaknya karburator aftermarket dengan kemasan-kemasan menggiurkan tentu membuat kita ngiler berat dan takutnya menjadi gila belanja barang ber-merk seperti tante-tante tanpa melihat kebutuhan. Asal karbu gede pasti kenceng, keliru, mbrebet mungkin iya hehehehe… Meski karbu kecil jika kita dapat menemukan setelan yang pas akan jauh lebih baik.
Hanya sedikit berbagi ilmu tentang formula menentukan ukuran karburator ideal dengan kapasitas silinder mesin serta rpm max power yang diinginkan.
THROTLE = VARIAN x SQRT ( DISPLACEMENT * PEAK )
Dimana THROTLE adalah nilai yang akan kita cari, merupakan diameter Venturi / throttle body dalam satuan millimeter yang menentukan ukuran karburator yang harus dipilih. DISPLACEMENT adalah satuan kapasitas isi silinder dalam liter. PEAK yaitu putaran mesin maksimum yang bisa dihasilkan. VARIAN adalah konstanta penentu apakah mesin kamu special engine ataukah mesin produksi massal. Nilai varian memiliki rentang 0.56 hingga 0.9 , dimana motor Moto GP memakai nilai maksimal yaitu 0.9, sehingga kelas MOTO GP 125 cc dimana mesin mampu berkitir hingga 14.000 RPM berani memakai karburator gambot sebesar 38mm, sedangkan kelas drag bike lokal biasanya cukup memakai karburator 34mm.
Sebagai contoh,
Kita ambil sebuah motor standar Jupiter z missal, dengan kapasitas 107cc, ingin mencapai tenaga di putaran 7500 RPM. Varian yang dipakai adalah 0.6
Sehingga ketika dimasukkan ke dalam rumusan tersebut adalah sebagai berikut :
THROTLE = 0.6 x sqrt ( 0.107 * 7,500 )
Didapat hasil Throtle adalah 16.9 atau jika dibulatkan adalah 17mm, itu merupakan spek standard pabrik yang tentunya sudah dihitung cocok untuk dipakai harian, nyaman dipakai menggonceng pacar -bagi yang jomblo ga usah iri… sama kok hehehehe- Motor dengan spek seperti ini jauh dari kata bikin ribet. Tapi kalo turun balap ya keburu kehabisan nafas dan ditinggal minum kopi sambil rokokan ama lawan di garis finish hehehehehhehe… Kasian.

Jika kita turun balap drag bike dengan motor jupiter z di kelas 125cc, biasanya tuner menggandeng karburator PE 28mm bukan tanpa alasan, karena tugas karburator tersebut harus mampu mensupport hingga 14.000 RPM, tinggal bagaimana CDI mampu menghasilkan kurva pengapian yang pas serta membuka limiter putaran mesin. Kemampuan karbu serta fokus tenaga pada RPM tinggi harus di desain sedemikian rupa sehingga klep dan ruang porting mampu mengimbangi. Desain Camshaft dengan durasi extreme dan LSA kecil memungkinkan overlaping memberi keuntungan di putaran tinggi. Agar putaran bawah tidak terlalu lemot maka rasio kompresi perlu ditingkatkan dan optimalisasi ruang bakar adalah mutlak.
Nah, seberapa besar reamer karburator ataukah keputusan untuk mengganti karburator dengan venturi yang lebih besar dapat berawal dari rumusan ini. Jadi keputusan yang bijak dapat menghasilkan pilihan karburator yang asyik dipakai harian, oke diajak turing, ataupun bertenaga istimewa saat dipacu untuk balap.

2 thoughts on “karbu

  1. bgus juga dalam pembawaanya ,,
    bleh ni sya belajar tehnik mesin karena saya sdang ingin menggarap mesin kaze r tapy dngan dana yang seimbang ingin bermain semi ajh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s