cara setting karburator rx king

Karburator merupakan salah satu komponen yang sangat vital dalam sebuah kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Ibarat manusia karburator adalah sebagai jantung karena yang menentukan konsumsi bahan bakar dan udara dalam mesin. Kali ini kita akan membahas berbagai masalah yang berhubungan dengan karburator RX king, karburator tipe ini kadang diaplikasikan dalam tipe atau merk sepeda motor yang lainya. Karena RX king itu sendiri sangat identik dengan kecepatanya dan spontanitasnya.

cara setting karburator motor rx king
bagian karburator

Cara setting karburator motor rx king pada vespa ada disini, karburator rx king pada keadaan mesin dalam kondisi dingin sangat susah dan selalu mbrebet mbrebet, hal ini di sebabkan oleh karena volume bensin dalam magkuk karburator terlalu banyak. Volume bensin dalam karburator ini dapat disetting dengan merubah ketinggian pelampung, untuk standart rx king adalah 26 mm, biasanya menggunakan pelampung plastik dan stopper besi.

Yang perlu kita ubah adalah stoppernya, yang bertugas menekan jarum lubang mengalirnya bensin. Cukup ditekan menggunakan tang disesuaikan dengan ukuran sekian milimeter sesuai standart. efek lain dari kelebihan bensin di dalam magkuk karburator selain mbrebet adalah apabila untuk jalan menikung dan miring maka bensin akan tumpah mengalir melalui lubang levelernya. Bila ingin setting karburator yang bagus, bandingkan saja dengan karburator yang sehat atau dibawa ke service resminya.

Kadang anda kurang merasa puas dengan kecepatan sepeda motor yamaha RX king, dan mungkin anda ingin modifikasi atau mengopreknya supaya lebih kencang lagi. Dengan catatan karburator rx king anda masih keadaan original, karena karburator rx king imitasi sangat sulit sekali untuk di setting ada saja kendala yang dihadapi, brebet boros bahkan ngrotor.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu anda lakukan apabila anda belum merasa puas dengan kecepatan sepeda motor rx king anda, biar kenceng larinya gitu…??. Untuk menambah daya cengkeramanya perbesar rumah kanvas kopling menjadi 7 lembar, disarankan menggunakan kanvas kopling L2 super yang orisinil, kalau tidak ada tetap gunakan kanvas tambahan rx king saja. Dan ganti per kopling dengan per kopling milik suzuki smash.

kemudian blong knalpot standart, ini mempengaruhi 20 persen. Hilangkan semua sekat atau saringan kenalpot, kemudian buat kerucut kurang lebih 25 cm dari bagian yang persis dibawah footstep belakang lalu ujungnya disambung dengan menggunakan pipa berdiameter 3-4 cm lalu diteruskan dengan pipa lubang lubang sampai ujung kenalpot. Supaya mempunyai suara tarikan yang lebih halus gunakan peredam/ glaswool.

Langkah berikutnya adalah menghaluskan saluran masuk dan buang, trik ini sering dipakai oleh para bengkel. Lalu ganti membran / red valve dengan membran milik RX-Z dan di beri ganjal sedikit menggunakan aluminium pasta gigi yang ketebalanya sudah pas, bertujuan supaya buka tutup gas terasa cepat dan spontan. Jangan berlebihan setting karburator sesuai dengan kebutuhan mesin, bila perlu ganti Main jet dan Pilot jet nya. Sebelum anda memodifikasinya fikirkan terlebih dahulu, karena ada beberapa langkah yang merusak kondisi originalnya, selamat mencoba.

6 thoughts on “cara setting karburator rx king

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s